Jelang Idul Adha, Mahasiswa KKN Unisma Malang Berikan Vitamin Ternak

bakpti.unisma.ac.id, 22/07/20. Mahasiswa KKN Unisma Malang berinisiatif untuk memberikan obat hewan berupa vitamin dalam bentuk bolus. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Keboananom kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, Rabu (1/7/2020).

Kegiatan tersebut digelar karena mahasiswa KKN Universitas Islam Malang melihat masih banyak peternak tradisional yang jarang bahkan tak pernah memberikan obat pada ternaknya. Jika ada, peternak hanya membeli di apotik dan memberikannya tanpa dosis yang tepat. Hal itu menyebabkan banyak ternak yang sakit bahkan mati.

Terlebih menjelang Idul Adha, kesehatan ternak menjadi hal penting agar syarat hewan kurban dapat terpenuhi.

Mahasiswa KKN Unisma Malang juga melakukan pemeriksaan (anamnesa) pada ternak yang mengalami sakit sangan perlu dilakukan karena dari hasil pemeriksaan tersebut dapat disimpulkan sakit apa yang sedang diderita oleh ternak tersebut. Jika jenis sakit ternak sudah dapat di perkirakan dan dipastikan maka langka selanjutnya ketepatan dalam pemilihan jenis obat yang akan digunakan.

“Kami sangat terbantu dan mengucapkan terima kasih atas perhatian mahasiswa KKN dari Unisma Malang terhadap ternak-ternak calon kurban yang ada di kandang” tutur Widodo selaku pemilik ternak.(*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Achmad yusuf, Mahasiswa Fakultas Peternakan Unisma Malang, Mahasiswa KKN PPM di desa Keboananom kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

*)Tulisan asli berita dimuat di  timesindonesia.co.id  (https://www.timesindonesia.co.id/read/news/285433/jelang-idul-adha-mahasiswa-kkn-unisma-malang-berikan-vitamin-ternak)

Edisi 22 Juli 2020

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat