Kembangkan Solar Power Research Center, Unisma Malang Gandeng Regan Power

bakpti.unisma.ac.id, 22/07/20. Unisma Malang melaksanakan penandatanganan MoU dengan Regan Power, Jumat (17/7/2020). Penandatanganan bertempat di ruang sidang lantai 2 gedung Umar bin Khattab Universitas Islam Malang.

Dokumen MoU tersebut ditandatangani oleh Rektor Unisma Malang, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dan Managing Direktor Regen Power Bapak Raja Tarigan, S.T., M.Si serta disaksikan oleh Prof. Chem Nayar, Ph.D Direktur Regen Power Australia. Ruang lingkup kerja sama ini adalah di bidang tridarma yaitu penyelenggaraan Solar Workforce Program for Indonesia (SWOP) yang meliputi pengembangan program-program riset terapan, Alih Teknologi, Peningkatan Investasi di bidang Tenaga Surya.

Program kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan kapasitas masyarakat melalui pengembangan teknologi terpadu Tenaga Surya (Solar Power Research Center) di Unisma Malang. Harapannya adalah program kerja sama ini bisa bermanfaat untuk  wilayah Timur Indonesia dan Indonesia secara umum melalui fasilitasi pelatihan, sarana riset, dan pilot project yang tidak terbatas pada produk Hybridgen, Aquasmart, dan Solar Floating.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Lebih lanjut, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, Rektor UNISMA Malang menyampaikan bahwa kerja sama ini sangat strategis mengingat pengembangan kampus 2 UNISMA Malang berada di wilayah kabupaten Malang yang berdampingan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari Malang. Sehingga pengembangan solar power center di UNISMA Malang dapat memberikan kontribusi pada pengembangan Kawasan ekonomi khusus yang smart, ramah energi dan ramah lingkungan melalui solar energy.

Seusai pelaksanaan penandatanganan MoU dilaksanakan kegiatan internasional webinar dengan tema:  Energy Capacity Building in Indonesia (Research and Vocation) dengan beberapa narasumber antara lain: Ms. Jennifer Mathews (Commissioner for Western Australia-Indonesia), Mr. Rosh Ireland (Director of Energy Policy, Western Australia); Prof. Chem Nayar, Ph.D (Direktur Regen Power Australia); M. Jasa Afroni, S.T., MT., Ph.D (Ketua Program Studi Teknik Elektro UNISMA Malang); dan Bapak Raja Tarigan, S.T., M.Si (Managing Director Regen Power). Kegiatan international webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UNISMA Malang ini dihadiri oleh peserta dari seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri. Dekan Fakultas Teknik UNISMA, Ir. H. Warsito, S.T., M.T menyampaikan bahwa hal ini merupakan bagian dari upaya perluasan jejaring kerja sama Fakultas dalam rangka menyongsong kampus merdeka dan merdeka belajar. Sehingga koneksi dengan Lembaga professional non-pemerintah di bidang kelistrikan-solar energy dalam hal ini dengan Regen Power mampu menjadi wadah dalam implementasi tridarma bagi sivitas akademika fakultas Teknik Unisma Malang.

Kegiatan internasional webinar ini dipandu oleh Efendi S. Wirateruna, S.T., M.Sc (international division Fakultas Teknik Unisma) dan diakhir dengan diskusi dan simpulan dari narasumber yang berisi komitmen bersama untuk memajukan dan mengembangkan bidang renewable di Indonesia melalui kerja sama antara Unisma Malang, Regen Power, dan Pemerintah Australia Barat.

Dalam sambutannya Ms. Jennifer Mathews (Commissioner for Western Australia-Indonesia menyampaikan bahwa hubungan kerja sama pemerintah Australia Barat dan Pemerintah Jawa Timur telah terjalin dengan baik di berbagai bidang.

“Oleh karena itu, pemerintah Australia Barat mendukung upaya kerja sama baik antara Regen Power, Regen Power Australia dengan Universitas Islam Malang tambahnya. Hal ini sejalan dengan slogan Unisma Malang yaitu Dari Nahdatul Ulama untuk Indonesia dan Peradaban Dunia. (*)

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU pmb.unisma.ac.id

*)Tulisan asli berita dimuat di  timesindonesia.co.id  (https://www.timesindonesia.co.id/read/news/285453/kembangkan-solar-power-research-center-unisma-malang-gandeng-regan-power)

Ediso 22 Juli 2020

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat