KKN Tematik Unisma Malang Ajak Masyarakat Miliki Kemandirian Pangan

bakpti.unisma.ac.id, 16/07/20. KKN-Tematik Unisma Malang dilaksanakan di Desa Bendoroto Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Dampak akibat covid-19 mempengaruhi sendi-sendi kehidupan antara lain disektor pangan oleh sebab itu dalam kegiatan KKN edisi covid -19 salah satu program kerjanya adalah mengajak masyarakat miliki kemandirian pangan.

Kegiatan ini bertujuan antara lain merangsang warga sekitar di era pandemi covid-19 ini tetap produktif akibat adanya kebijakan WFH, dengan begitu diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dalam memaksimalkan pekarangan rumahnya terutama kebutuhan akan sayur terpenuhi secara mandiri tanpa harus membeli serta dapat menekan pengeluaran keluarga, karena melihat kondisi ekonomi masyarakat sekarang ini sebagian besar ikut tersendat akibat wabah covid-19.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan tersebut dilaksanakan yang bertempat di salah satu rumah warga pada tanggal 04 juli 2020, program tersebut  antara lain pembagian bibit avocad secara gratis dan mengajak masyarakat sekitar memaksimalkan pekarangan untuk menanam sayur-sayuran antara lain sayur bayam, sawi, empon-empon dan lain sebagainya, warga juga dianjurkan agar lebih memilih pupuk oganik dibanding mengunakan pupuk anorganik, agar hasil panen lebih alami dan sehat sehingga akan menghasilkan juga gizi yang baik untuk kesehatan manusia,

Dengan adanya pelatihan dan penyuluhan diharapkan agar masyarakat tetap dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat melalui kegiatan berkebun dan menanam bibit sayuran secara mandiri dipekarangan rumah masing-masing. Kegiatan tersebut terlaksana karena sebelumnya tim kami melakukan survei dulu dan menentukan program prioritas dalam KKN-PPM Unisma era Covid-19.

Selain itu warga diberikan edukasi mengenai pencegahan virus covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan serta diajarkan juga tata-cara mencuci tangan dengan baik dan benar serta pembagian masker gratis yang dibuat langsung oleh remaja-remaja kampung berkolaborasi dengan mahasiswa Unisma Malang, ini semua merupakan upaya-upaya agar masyarakat setempat bisa memahami dan menambah pengetahuan mengenai penanganan dan pencegahan yang bertujuan memutus rantai penyebaran covid-19.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU pmb.unisma.ac.id

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat setempat. Salah satunya Supardi selaku RW (Rukun Warga) 03, Dusun Podang Desa Bendoroto. Ia mengaku senang akan adanya kegiatan penyuluhan dan pelatihan tersebut, warga lebih produktif dan memaksimalkan pekarangan rumahnya sehinga kedepan kebutuhan keluarga terutama kebutuhan sayur bisa tercukupi di masing-masing keluarga.

“Kami berterimakasih dengan adanya kegiatan KKN dari Unisma Malang, karena warga kami diberikan edukasi mengenai bagaimana tata cara pentingnya (PHBS) perilaku hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan merupakan program yang tepat dengan situasi sekarang ini,” tuturnya. (*)

*)Tulisan asli berita dimuat di  timesindonesia.co.id   (https://www.timesindonesia.co.id/read/news/283856/kkn-tematik-unisma-malang-ajak-masyarakat-miliki-kemandirian-pangan)

*)Pewarta: Lulut Agus Riyanto, Mahasiswa KKN-PPM Tematik Universitas Islam Malang (UNISMA).

Edisi 16 Juli 2020

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat