P2BA-BIPA Unisma Malang Jalin Kerja Sama dengan SMP Insan Terpadu Probolinggo

bakpti.unisma.ac.id, 03/08/20. Pusat Pengembangan Bahasa Asing dan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (P2BA-BIPA) Unisma Malang, khususnya bidang bahasa Inggris, bekerja sama dengan yayasan SMP Insan Terpadu Probolinggo sebagai initiator konsep program dan penyelenggara tes ketrampilan bahasa Inggris siswa menengah pertama tersebut.

Terhitung mulai bulan Juli 2019 sampai bulan Maret 2020,  kerjasama akademik ini berjalan sesuai dengan target kedua belah pihak. Kepala sekolah, Faisal Mas’udi, S.P., M.M mengungkapkan bahwa setelah beberapa kali melakukan upaya peningkatan dan formulasi pembelajaran bahasa inggris untuk siswa.

“Lembaga pengembangan bahasa asing Unisma menjawab keinginan pihak sekolah dengan perpaduan ramuan konsep akhirnya dalam kurang lebih 8 bulan dilakukan intensifikasi bahasa inggris yang hasilnya luar biasa dan mendapat apresiasi yang tinggi khususnya dari wali murid SMP insan terpadu,” ungkapnya.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Sementara itu Kurniasih, kepala Unit P2BA-BIPA mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan bahasa Inggris kepada seluruh siswa SMP Insan Terpadu  guna mempersiapkan SDM yang mampu bersaing dimasa mendatang dan merupakan implementasi quality insurance disekolah tersebut.

Selain P2BA-BIPA Unisma, pihak sekolah juga menggandeng lembaga Zain Academy sebagai ekskutor pelaksana dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris yang dikemas dalam kegiatan menyenangkan.

Diakhir kegiatan, siswa siswi di beri tes yang diadakan oleh pihak P2BA dan diwakili oleh Kurniasih, S.Pd., M.A, kepala Unit P2BA-BIPA dan Ika Hidayanti, S.Pd., M.Pd., Koordinator Bidang Pengembangan Bahasa Inggris pada 14 Maret 2020.

Tes kemampuan bahasa Inggris yang diikuti kurang lebih 24 siswa ini menunjukkan hasil memuaskan dimana sebagian besar siswa berada pada level advanced, dan sebaliknya data menunjukkan sedikit siswa yang berada pada level Elementary.

Hal ini menunjukkan bahwa rerata siswa siswi mampu merespon dan mengekspresikan ide dalam bahasa Inggris meskipun masih berada pada level sekolah menengah pertama. Pihak sekolah merasa bangga terhadap kemajuan siswa dan akan terus meningkatkan kualitas bahasa Inggris anak didik mereka.

Sebagai kegiatan follow-up dari hasil intensifikasi  pembelajaran dan hasil tes tersebut, pada saat momen English graduation tanggal 25 Juli 2020, kepala sekolah akan mengadakan kegiatan uji publik terhadap beberapa siswa terkait kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris.

Selain situasi yang menyenangkan, tentunya siswa akan merasa tertantang untuk menunjukkan potensi mereka di depan jajaran guru dan wali murid. Namun, belajar bahasa Inggris dalam beberapa bulan manjadikan mereka siap dengan situasi yang bakal menguji nyali dan ajang demonstrasi kemampuan bahasa Inggris mereka.

Kepala sekolah merasa bangga terhadap kemajuan program kerjasama ini dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Di akuinya bahwa pembelajaran tahun ini berjalan lebih baik dari tahun 2018 karena konsep pengajaran melibatkan beberapa pihak. Selain itu, mengevaluasi hasil pembelajaran, lembaga Zain Academy juga akan terus melakukan upaya perbaikan dalam berbagai hal meliputi materi dan teknik pembelajaran. (*)

 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

*) Pewarta: Kurniasih, S.Pd., M.A, Kepala Unit P2BA-BIPA Universitas Islam Malang (UNISMA)

*) Tulisan asli berita ini dimuat timesindonesia.co.id (https://www.timesindonesia.co.id/read/news/288681/p2babipa-unisma-malang-jalin-kerja-sama-dengan-smp-insan-terpadu-probolinggo)

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat