Godok Karakter Mahasiswa, FEB Unisma Malang Gelar Studium General

Pemaparan oleh Dr. Umi Dayati MPd, Narasumber Studium Generale “Sikap dan Etika Millenials Era 5.0”.

bakpti.unisma.ac.id, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang menyelenggarakan studium general pengembangan sikap dan etika generasi millenial di era 5.0 untuk memastikan mahasiswa baru FEB Unisma memiliki karakter yang kuat dan unggul.

Kegiatan tersebut dilatar belakangi oleh tingginya kuantitas generasi millenials di dunia kerja mencapai 50 persen dan diperkirakan tahun 2030, generasi ini akan menguasai 75 persen lapangan kerja global. Di Indonesia, generasi millenial mencapai 34.45 persen populasi.

Seiring berjalannya waktu, generasi ini lebih mudah terpengaruh oleh arus globalisasi yang melunturkan perilaku-perilaku kebangsaan mereka padahal ilmu yang diberikan di kampus tergolong semakin berat dan mulai bersaing dengan ilmu yang berada di luar.

“Perkembangan teknologi yang berjalan cepat ini perlu disikapi dengan bijaksana dan dewasa. Apalagi generasi millenials yang selalu bersentuhan dengan teknologi. Untuk itu perlu membangun karakter dan pola pikir generasi milenial yang saat ini dianggap generasi paling produktif dan memegang peranan penting bagi kemajuan teknologi dan kehidupan, serta membawa masa depan Indonesia untuk beberapa tahun ke depan,” papar Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Nur Diana saat membuka acara Studium Generale.

Acara yang mengangkat tema “Sikap dan Etika Millenials Era 5.0” itu dilaksanakan di Ruang K.H Abduraahman Wahid Gedung Pascasarjana Lantai 7 Universitas Islam Malang pada 19 Oktober 2020. Acara yang diselenggarakan secara luring dan daring ini menghadirkan Dr. Umi Dayati MPd (Motivator dan Pakar Kepribadian).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selanjutnya Diana mempertegas bahwa mahasiswa FEB Unisma tidak boleh hanya memiliki intelektual yang excellent namun juga harus memiliki attitude yang baik sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlus sunnah wal jamaah. Kemampuan intelektual dan spiritual merupakan bekal yang harus kita persiapkan untuk menginjakkan kaki di Era  5.0.

Dalam acara ini, Dr. Hj. Umi Dayati, M.Si selaku motivator dan pakar kepribadian nasional  memberikan penjelasan tentang sikap yang harus dimiliki mahasiwa FEB Unisma. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur mindset kita agar selalu stay positive dalam situasi apapun. Kemampuan ini akan membuat kita tidak mudah menyerah dan stress dalam menghadapai berbagai tantangan hidup. Hal lain yang harus ditanamkan adalah menentukan target setinggi mungkin dan berkomitmen untuk menggapai impian yang telah ditentukan.

“Mahasiswa  FEB Unisma sejak dini harus fokus dan  mampu membangun personal branding,” ujar Umi Dayati mengobarkan Semangat Mahasiswa. Saat ini mulai dibangun agar saat menyelesaikan pendidikan tinggi  Lulusan FEB Unisma memiliki branding yang kuat.

Pembicara yang sudah dikenal di level nasional bahkan se Asia tenggara ini menambahkan bahwa mahasiswa harus memiliki impian yang besar dan selalu selalu optimis untuk menggapainya.

Dalam sesi ini beliau juga menyampaikan bahwa seorang pemenang selalu menemukan solusi dan rencana sedangkan para pecundang sibuk mencari alasan untuk memberikan pembenaran terhadap kesalahan mereka.

Ia berpesan agar mahasiswa FEB Unisma Malang bersiap menjadi generasi unggul sedini mungkin. Sebagai mahasiswa tidak boleh hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang) saja, karena yang harus dipersipakan bukan hanya hard skill namun juga soft skillnya. Dia juga menambahkan bahwa usahakan untuk selalu berbakti kepada guru dan orang tua. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Tulisan asli di muat https://www.timesindonesia.co.id/read/news/304935/godok-karakter-mahasiswa-feb-unisma-malang-gelar-studium-general

*) #FEB UNISMA MALANG 

Edisi 21/10/2020

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp chat